Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap CSR (perusahaan manufaktur di BEI)

Penulis

  • Agus Mictyson STIE YBPK
  • Yudi Allen Kunsiang STIE YBPK

Kata Kunci:

karakteristik perusahaan, csr, perusahaan manufaktur

Abstrak

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan upaya perusahaan dalam peningkatan kepedulian terhadap masalah sosial dan lingkungan dalam kegiatan usahanya dan interaksi dengan stakeholder yang dilakukan secara sukarela. CSR sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk kontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat secara internal maupun eksternal perusahaan. Studi ini bertujuan analisis pengaruh karakteristik terkait ukuran dewan perusahaan, kepemilikan saham asing, dan profitabilitas perusahaan terhadap pelaporan CSR menggunakan data perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman tahun 2015-2019 pada bursa efek Indonesia. Sampel pada studi diperoleh kode saham UNVR, INDF, MYOR, ICBP. Analisis data berupa statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji regresi linear melalui uji-T atau uji nilai signifikansi menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil studi mengungkapkan bahwa ukuran dewan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pelaporan CSR, sedangkan kepemilikan saham asing dan profitabilitas atau ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap pelaporan CSR. 

Unduhan

Diterbitkan

01-03-2022